Siapakah itu Yudas Iskariot?

Bercerita tentang Yudas Iskariot dan pendengar akan dapat berbagai versi cerita.

Ada orang yg menanggap dia seorang pahlawan karena dia menipu orang dan menjadi serupa dengan Isa Almasih.

Ada orang yg lain berkata si Yudas itu seorang pengkhianat. Dia mencuri dari Pelayanan Isa Almasih dan menyerah Isa kepada prajurit Romawi dan Tokoh Mahkamah.

Artikel ini akan membahas siapakah itu Yudas menurut saksi mata sendiri. Jika kita tidak bisa mempercayai apa yg dituliskan oleh saksi mata, berarti kita tidak bisa mempercayai sejarah.

Awal Hidup Yudas

Yudas anak dari Simon Iskariot dipanggil dan diberikan kuasa sebagai Rasul Isa. Ketika Isa Almasih ada di bumi, Isa memanggil 12 Rasul untuk menjadi murid yg pertama.

Hari lepas hari 12 Rasul itu ikut melayani berkeliling Yisrail. Mereka menyaksikan mukijizat dan diberi kuasa untuk menyembuhkan orang yg sakit dan mengusir roh jahat.

Posisi dia di antara rombongan tersebut adalah bendahara. Namun dia mulai mencuri dari kotak sumbangan.

Beberapa tahun kemudian, dalam waktu yg tepat, Iblis masuk ke dalam Yudas untuk mengkhianati Isa. Hal ini bukan kejutan bagi Isa, pasti dia sudah tahu bahkan dia memperingatkan Yudas Iskariot.

Pada malam hari sebelum Isa mati, dia berkata kepada rasul-rasul, “sesungguhnya ada yg di antara kamu akan menyerahkan Aku”

Jawab Isa: “Dialah itu, yang kepadanya Aku akan memberikan roti, sesudah Aku mencelupkannya.” 

Sesudah berkata demikian Isa mengambil roti, mencelupkannya dan memberikannya kepada Yudas, anak Simon Iskariot. Dan sesudah Yudas menerima roti itu, ia kerasukan Iblis. Maka Isa berkata kepadanya: “Apa yang hendak kauperbuat, perbuatlah dengan segera“.

Yudas Menyerahkan Isa

Waktu Isa masih berbicara Di Taman Getsamani bersama murid-muridnya, datanglah Yudas, salah seorang dari kedua belas murid itu, dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung, disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi.

Orang yang menyerahkan Dia telah memberitahukan tanda ini kepada mereka: “Orang yang akan kucium, itulah Dia, tangkaplah Dia.”

Dan segera ia maju mendapatkan Isa dan berkata: “Salam Rabi,” lalu mencium Dia. Tetapi Isa berkata kepadanya: “Hai teman, untuk itukah engkau datang?” Maka majulah mereka memegang Isa dan menangkap-Nya.

Apakah Isa Diganti Dengan Yudas ketika Isa di atas Kayu Salib?

Banyak orang percaya bahwa Yudas mengganti Isa ketika Isa disalibkan. Namun menurut saksi mata, apa sih kebenarannya?

Pada waktu Yudas, yang menyerahkan Isa, melihat, bahwa Isa telah dijatuhi hukuman mati, menyesallah ia.

Lalu ia mengembalikan uang yang tiga puluh perak itu kepada imam-imam kepala dan tua-tua, dan berkata: “Aku telah berdosa karena menyerahkan darah orang yang tak bersalah.”

Tetapi jawab mereka: “Apa urusan kami dengan itu? Itu urusanmu sendiri!”

Maka ia pun melemparkan uang perak itu ke dalam Bait Suci, lalu pergi dari situ dan menggantung diri.

Ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.

Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri “Hakal-Dama”, artinya Tanah Darah.‬‬

Kesimpulan

Yudas Iskariot adalah seorang rasul yg dipilih dan dikasihi oleh Isa walaupun Isa sudah mengetahui bahwa Yudas akan menyerahkan Dia. Yudas dapat kuasa untuk mengusir roh jahat dari Isa dan mencuri dari persembahan. Akhirnya dia gantung diri dan hal ini disaksikan oleh banyak orang. Yudas mati sebelum Isa dan tidak mengganti Isa di kayu salib, Karena dalam rencana Allah, Isa menjadi Kurban Yg Terakhir untuk menebus dosa manusia.

Satu komentar pada “Siapakah itu Yudas Iskariot?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.