Alkitab Mencatat Semua Nubuatan Ilahi

Di Amerika ada seorang journalis Namanya Lee Strobel. Dulu dia seorang aties. Dia punya tujuan yg jahat untuk menghancurkan kepercayaan Kristen. Si Lee Strobel ini memulai wanwancara ahli agama dan tokoh-tokoh teolog dari semua argumen dan kritik yg ia dapat ia membuat kesimpulan bahwa Alkiab itu benar dan saya mau menjadi seorang percaya.

DIa tidak lagi mau menghancurkan mala mau membela dan justru menjadi pdt.

Sekarang perjalanan hidup beliau sudah menjadi filemnya Namanya “The Case for Christ.” Sebuah argumen untuk Kristus 

Alkitab itu mutlak benar, Absolut, Final, Tanpa kesalahan , tidak ada eror

TUJUAN pada pagi ini: Allah mewahyukan Alkitab kepada manusia supaya kita bisa mengenal Allah secara pribadi. Semua tulisan Alkitab boleh dapat dipercayai.

Alkitab

1. dapat dipercayai karena disaksikan – 2 Petrus ayat 16, 17, 18

2. dapat dipercayai karena nubuatan ilahi digenapi, ayat 19, 20, 21

Alkitab dapat dipercayai karena disaksikan

Ayat16: Apakah Alkitab itu penuh dengan Dongeng? Apakah Alkitab itu sebuah Kitab palsu? Jika kitab palsu atau Dongeng, pasti tidak ada saksi mata.

Petrus adalah salah satu saksi mata dari kehidupan Kristus. Anak Allah datang ke dunia, Firman Allah telah menjadi hidup. Semua peristiwa Yesus disaksikan – kelahirannya sampai dia dewasa dan melakukan banyak mukjizat bahkan membangkitkan orang dari antara orang mati. Tidak ada rahasia.

Supaya jelas, jangan percaya kepada Petrus saja,  tulisan yg diilhamkan kepada  Matius, Yohannes dan Lukas pun bisa dibaca. Petrus menolong Markus untuk menuliskan Injil. 

Setiap Kitab Injil dituliskan oleh saksi mata. Setiap Kitab dalam Perjanjian Baru dituliskan dalam abad yg pertama.

Jika dipertanyakan tentang Injil yg lain, saudara harus bertanya kembali, “Kapan Injil Itu ditulis?” Misalnya Injil Barnabas atau yg lain, catatan saja, Injil Barnabas bukan ditulis oleh Barnabas yg bersama Paulus. 

Ayo Berdiri Teguh atas kebenaran, Kita tidak mengikuti dongeng. Pahlawan iman dalam Alkitab seperti  Stefanus, Paulus,  Petrus, rela mati dan akhirnya  dibunuh untuk iman. Setiap abad sejak itu ada orang Kristen dibunuh dan menjadi martir untuk iman mereka. Sayang sekali jika dibunuh untuk sebuah dongeng.

Jika Anak Allah rela mati untuk menyediakan jalan keselamatan, apa lagi pengikutnya? Kita memiliki harapan besar bahwa hidup adalah Kristus dan kematian adalah keuntungan.

Kita sama, apakah rela mati untuk keimanan pada hal-hal yg benar? Apakah siap melaksanakan kata-kata yang sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus? Semua yg dituliskan dalam Alkitab disaksikan dan dapat dipercayai.

Dalam ayat 17 , kedua kalinya menyebutkan “saksi”

Apakah bisa percaya saksi mata dalam kasus, pengadilan, sidang, acara apa pun? Pasti dong. Saksi mata adalah kunci dan tahap yg penting dalam kebenaran.

Selain saksi mata, ada suara dari Surga… kapan itu terjadi? Mari kita membuka Alkitab ke Matius 3:16-17

Petrus masih mengingatkan kepada pembaca-pembaca tentang peristiwa tersebut dan membuktikan apa yang terjadi ketika Yesus dibaptis. 

Jarang sekali ada suara dari langit kan? Pasti kalau terjadi, pesannya sangat penting dan harus diperhatikan. Apa lagi, ada banyak saksi mata, jadi suara ini bukan di dalam pikiran Petrus saja. Banyak orang mendengar suara Allah. 

Dua ayat ini juga mendukung prinsip tentang Allah Tritunggal. Suara dari Surga, Roh yg turun seperti burung merpati dan Anak Allah yaitu Yesus ada di tempat yg sama. 

Sebenarnya konsep tritunggal ada sejak Kejadian 1, Allah menciptakan langit dan bumi, Roh Kudus Yg melayang-layang dan Berfirmanlah, “Jadilah terang” 

Ada Allah, Roh Allah dan Firman Allah sejak semula. Lalu berkata “Mari KITA menciptakan manusia menurut gambar dan rupa KITA.”

Tritunggal juga konsep yg Alkitabiah.

ayat 18: gunung yg kudus , dalam ayat ini Ke-2 kalinya suara dari Surga didengarkan, yaitu ketika Yesus Dimuliakan… 

LUKAS 9:28-36

Ayat 28 Apakah pengajaran itu? Ayat 20-27 tadi, Petrus mengakui Yesus sebagai Tuhan, Mesias dan dibenarkan oleh Yesus. 

Lalu Yesus meramalkan tentang penderitaan dan kebangkitan dia sendiri 

Ayat 28B Siapa yg dibawa Yesus? Petrus, penulis yg sama dengan kitab 2 Petrus

V29 Pada saat dimuliakan, Yesus diubah di hadapan tiga murid-Nya, dan mereka melihat kemuliaan sorgawi-Nya sebagaimana Dia adanya — Allah di dalam tubuh manusia. Pengalaman pemuliaan Yesus adalah:

  1. dorongan bagi Yesus sementara Ia menghadapi kematian-Nya di kayu salib 
  2. pengumuman kepada para murid bahwa Yesus harus menderita di atas kayu salib 
  3. pengesahan oleh Allah bahwa Yesus benar-benar Anak-Nya yang layak menebus umat manusia

V30 MUSA karena Taurat, mewakili tulisan Perintah Tuhan, Elia karena dia seorang nabi, dia mewakili nubuat dan tulisan Allah nabi-nabi.

V31 ada nubuatan ilahi lagi. Penderitaan dan kebangkitan bukan sebuah kebetulan saja, akan tetapi apa yg disampaikan pastilah terjadi. 

Ayat 35-36 suara dari surga lagi, “Inilah Anak-Ku yang Kupilih, dengarkan Dia”

Jangan percaya Petrus saja, ada Yohanes dan Yakobus juga yg mendengarkan suara. Semuanya terbukti  oleh saksi mata.

Banyak tulisan atau kitab untuk agama  yg lain ada banyak hal yg disebutkan yg tidak pernah disaksikan. Sering dalam agama yg lain, ada 1 orang menerima 1 wahyu dari Allah dalam cara pribadi, lalu orang tersebut mengusahakan untuk meyakinkan masyarakat atau kaumnya tentang pesan yg baru dari Tuhan.

Poin yg pertama: Alkitab dapat dipercayai karena disaksikan – ayat 16, 17, 18

Kita melanjutkan dalam teks 2 Petrus 1, ayat 19, 20, 21

Poin yg kedua: Alkitab dapat dipercaya karena nubuatan ilahi digenapi, ayat 19, 20, 21

Ada ratusan nubuatan yg tercatat dalam Alkitab tentang Mesias, ratusan tahun sebelumnya, 400 , 700 sampai seribu tahun sebelum Yesus datang ke dunia, semua dituliskan. 

Agama dan Kitab y lain

Nubuatan seperti Yesus akan dilahirkan dari seorang perawan, tempat kelahirannya di kota Baitlehem, dia akan dinamakan Imanuel, Mesias itu akan melakukan banyak mukjizat, 

Mesias akan sengsara, ditolak , disalibkan, dikuburkan, pada hari yg 3 akan dibangkitkan. Semua hidupnya  untuk menebus dosa manusia. Hubungan manusia dengan Allah telah terputus. Yesus itu datang untuk memperdamaikan semua.

Melalui kematian dan kebangkitan Yesus Kristus, kita diperdamaikan dengan Allah.

Ini bukan kata-kata saya, seperti dijelaskan dalam ayat 20-21 – Dibacakan lagi…

semua dari Allah. Memang manusia dipakai untuk menuliskan kata-kata dalam Alkitab. Namun tidak berarti setiap penulis Alkitab menuliskan kata-kata dari kehendak diri sendiri.

Pertama kali, setiap huruf, kata, pasal dalam Alkitab bukan dari penafsiran pribadi. Kitab Kita ilahi dan semua diilhamkan dan semua di depan banyak orang, bukan terjadi dalam sebuah goa atau di tempat yg sunyi.

Jika kita yg bingung tentang ayat dalam Alkitab, kita boleh menafsirkan Alkitab dengan Alkitab. Tidak mungkin Allah salah, Sangat mungkin kita yg salah memahaminya dan mengartikannya.. 

Banyak orang di luar gereja mau menyalahkan Alkitab dengan pernyataan “Alkitab dipalsukan” atau “Alkitab sudah diubahkan”. 

Pernyataan itu menarik oleh sebabnya menurut Alkitab, memalsukan atau mengubahkan kata Allah dilarang. Dari 2 ayat ini, tidak boleh mengubahkan kata-kata Allah.

Kepada orang yg masih berpikir itu, kita boleh bertanya, “Kapan itu terjadi? Oleh Siapa? Di mana buktinya?”

Karena manuskrip dan naskah dari dulu sampai sekarang tidak ada perubahan sama sekali. Pada hal ada ratusan biji naskah dan manuskrip di dalam museum di seluruh dunia dengan Tulisan Alkitab asli. JANGAN DISESATKAN, JANGAN DITIPUKAN

ALLAH KITA Maha Kuasa, dia bernubuat dan itu semua terjadi, kemungkinannya bahwa setiap nubuatan yg dituliskan dalam Alkitab digenapi dalam 1 orang, adalah sangat, sangat kecil, bahkan tidak mungkin.

Bagi Allah, Tidak ada hal yg mustahil. Dia Cukup Berkuasa untuk menjaga Firman-Nya.

Allah mewahyukan Alkitab kepada manusia supaya kita bisa mengenal Allah secara pribadi. Semua tulisan Alkitab boleh dapat dipercayai.

Pada Pagi ini, siapa yg siap untuk mendalami Alkitab? Apakah setiap hari datang Kepada Tuhan dan Ber-Saat Teduh? Apakah Alkitab dibaca dan berdoa setiap hari? 

Jika saudara-saudari membaca tiga pasal dari Alkitab setiap hari, saudara-saudari , bapak-bapak, ibu-ibu akan menyelesaikan keseluruhan Alkitab dalam 13 bulan. 

Siapa di sini yg sudah pernah menyelesaikan keseluruhan Alkitab? Ini Pedoman Kita. Ini Kata-kata langsung dari Allah kepada Kita. 

Alkitab penuh dengan kasih, sukacita, dan Kabar yg Indah sekali yaitu meskipun kita berdosa, Allah masih mengasihi kita dan masuk  ke dalam dunia untuk menyelamatkan kita.

Siapa di sini mau berkomitmen membangun hubungan bersama Tuhan 

*Dia menjadi Terang bagi semua bangsa dan akhirnya ditinggikan oleh Allah. (Flilipi 2:8-9)

Ketika ada cahaya, tidak mungkin ada kegelapan. Setiap kita, setiap manusia tinggal dibawa kuasa gelap dan perlu diselamatkan. Setelah seorang bertobat dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat, kita dipindahkan dari kerajaan gelap ke dalam kerajaan terang.

Masih ingat ketika tadi saya ceritakan tentang Si Lee Strobel itu? Dalam waktu yg sama dia melakukan penelitian, istri mulai pergi ke gereja, ikut KTB dan mendoakan suaminya. Ada kuasa dalam doa yg beriman.

Siapa di sini mengenal orang yg belum percaya kepada Yesus?? Untuk MISI nama mereka didokan

Siapa di sini yg belum bertobat dari dosa? Siapa di sini yg baru menyadari bahwa tidak mungkin bisa melakukan cukup banyak perbuatan baik untuk menghapus dosa sendiri? 

Siapa di sini yg perlu bertobat dan menyerahkan hidup kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat? Pagi ini bisa menjadi ciptaan yg baru, yg lama sudah berlalu, yg baru sudah datang .

Sebelum kita lanjut dalam ibadah, Mari kita membat komitmet kepada Tuhan

“Apakah mau bertobat dan percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat?

Apakah mau mendalami ALkitab dan Dibaca setiap hari? Angkat tangan

“Siapa mau melaksanakan kata Alkitab termasuk AManat Agung Tuhan Yesus?

 

CATATAN

http://alkitab.sabda.org/bible.php?book=Luk&chapter=9

http://www.about-jesus.org/complete-chart-prophecies-jesus.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.