Ajaran Isa dan Ajaran Paulus: Tolak Taurat atau Wajib Taat Taurat?

Kita harus berwaspada hoax , seperti tabel berikut:

Setiap ayat dan pernyataan dalam tabel tersebut diambil diluar konteks. Daftar ayat-ayat ini dikumpulkan oleh seseorang yg kurang memahami Kitab Suci Injil (Perjanjian Baru di Alkitab).

Berikutnya kita akan membahas secara langsung poin demi poin dan ayat demi ayat supaya pembaca sendiri bisa membuat keputusan sendiri.

Dalam artikel ini, kita melihat poin satu saja. Dalam Artikel selanjutnya poin-poin yg lain akan dibahas.

1. “Wajib Taat Taurat”

““Janganlah kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya. Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi.

 

Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.”

‭‭Matius‬ ‭5:17-19‬ ‭

Memang kata ini adalah kata-kata dari Yesus sendiri dan kuncinya adalah ayat 17 , “Aku datang untuk menggenapinya”

Setiap Hari Raya Yahudi menujukkan pemeluknya kepada Mesias yg akan datang. Pada hal tidak ada seseorang dari agama Yahudi atau di antara orang yg menaati Taurat yg bisa melakukan dengan sempurna.

Hanya Isa Almasih (Yesus Kristus) itu tidak pernah berdosa. Berarti dia menggenapi hukum Taurat.

“Menolak Taurat”

Sebab jika mereka yang mengharapkannya dari hukum Taurat, menerima bagian yang dijanjikan Allah, maka sia-sialah iman dan batallah janji itu. Karena hukum Taurat membangkitkan murka, tetapi di mana tidak ada hukum Taurat, di situ tidak ada juga pelanggaran.”

‭‭Roma‬ ‭4:14-15‬ ‭

 

Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: “tidak ada seorang pun yang dibenarkan” oleh karena melakukan hukum Taurat.”

‭‭Galatia‬ ‭2:16‬ ‭

Poin terutama dari dua ayat ini adalah begini: tidak ada seorang yg pernah memenuhi hukum Taurat dengan sempurna.

Kecuali Isa Almasih (Yesus Kristus itu) sendiri, setiap manusia pernah berdosa dan gagal dalam penggenapan hukum Taurat. Artinya matius 5:17-18, Isa itu menjelaskan bahwa hanya dialah bisa menjalankan hukum Taurat dengan sempurna.

Juga perbuatan baik saja tidak cukup untuk melunasi dosa manusia. Tetap ada kekurangan dalam hidup seseorang.

Yang jelas, manusia harus bergantung kepada Yesus melalui iman saja. Manusia diselamatkan dari murka Allah bukan dari usaha dan kebaikan, namun percaya dan beriman kepada Yesus sebagai Kurban Terakhir, yg Penebus Dosa.

2 tanggapan untuk “Ajaran Isa dan Ajaran Paulus: Tolak Taurat atau Wajib Taat Taurat?”

  1. Awalnya menarik juga,tapi ternyata point 5 salah konteks..ga jadi tertarik ah…haha..
    Matius 7:21-23 ,bukan itu pengertiannya. Belajar dari orang yg tepat ya.Nanti sesat sendiri.
    Saran saya kalau ga tinggal di rumah tetangga, jangan ngutak ngatik rumah tetangga tanpa sepengetahuan yg punya rumah dan bikin info salah ttg yg ada di tetangga tsb.Intinya jangan sok lebih tau dr yg tinggal disitu, kecuali kamu mau diem di rumah itu dan banyak denger dr yg punya rumah.

    Orang kristen yg sudah menerima anugrah dari Tuhan Yesus,ga akan terjebak dengan nama akun kamu tapi isinya menyimpang dari apa yang kita yakini. Anda berusaha jadi serigala berbulu domba.Menggunakan nama website untuk mengelabui.

    Ingat,anda belum pernah mengalami kematian,dan belum pernah tahu apakah iman kamu benar atau salah. At least,jangan berusaha menipu dan menjebak orang lain.Saya yakin agama kamu juga tidak memperbolehkan menyesatkan dan menjebak orang lain.
    Lakuka sesuai keyakinanmu, agamamu adalah agamamu,agamaku adalah agamaku, itu ajaran agama kamu,artinya kamu ga perlu narik2 orang dengan cara menjebak ala serigala/ular seperti ini.Mending berhasil,saya yakin tidak akan berhasil untuk orang yg sudah di beri anugrah oleh Tuhan Yesus, tapi sepertinya kamu lebih menyesatkan sodara seimanmu,tapi untuk apa tujuannya,saya sendiri tidak mengerti.

    Fyi, cara Tuhan Yesus memanggil dan touching orang bukan dengan doktrin2 seperti ini. Dia sudah mengingatkan itu,tapi setiap orang Kristen yg sudah diberi anugrah,itu ada Roh Kudus yg bisa memilah mana yg sesat dan yg benar 🙂 .. Ga tau kaaann…krn kamu ga punya…dan ga pernah ngalamin diberi Roh Kudus sebagai guide kamu di dunia ini…

    Saya doakan kamu selalu haus….dan menemukan jalan yg benar,mencari kebenaran dgn cara yg benar dan menerima kasih+anugrah dari Tuhan Yesus.
    Amin …

    Be good!Be right person!

    Suka

    1. Terima Kasih atas jawabannya. Sesuai kalimat pertama, poin2 dalam tabel itu “hoaks”. Agar pembaca tahu apa itu kebenaran, penulis ini usahakan menjelaskan beberapa poin saja sesuai pemandangan Alkitab. Terima kasih Tuhan memberkati

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.