Apakah Yesus Pernah Mencuri?

Ada Orang kritik Alkitab yg bilang bahwa Yesus menyuruh rasul-rasul untuk mencuri seekor keledai sebelum Yesus masuk kota Yerusalem. Mengapa kritik berpikir rasul-rasul mencuri? Menurut klaim kritik, Karena rasul mengambil sesuatu milik orang yg lain.

Inilah teksnya:

Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem dan tiba di Betfage yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya dengan pesan: “Pergilah ke kampung yang di depanmu itu, dan di situ kamu akan segera menemukan seekor keledai betina tertambat dan anaknya ada dekatnya. Lepaskanlah keledai itu dan bawalah keduanya kepada-Ku. Dan jikalau ada orang menegor kamu, katakanlah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya.””

‭‭Matius‬ ‭21:1-3‬ ‭Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: “Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?” Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka.”

‭‭Markus‬ ‭11:5-6‬ ‭‬‬

Kalau seorang membaca ayat-ayat ini saja, kelihatannya seperti Yesus menyuruh keledai diambil lalu satwa tersebut dipakai dan bukan dimiliki Yesus.

Namun ayat-ayat yg lain dalam Alkitab memberi konteks.

Kolose dan Yohanes 1 menjelaskan bahwa segala sesuatu diciptakan oleh Yesus dan untuk Yesus.

Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.”

‭‭Yohanes‬ ‭1:3‬ ‭

karena di dalam Dialah (Yesus) telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.”

‭‭Kolose‬ ‭1:16‬ ‭

Kalau begitu berarti keledai tersebut memang milik Yesus, diciptakan oleh Yesus dan hari ini dipakai oleh dia untuk mengenapi ayat dari Kitab Suci Taurat.

‭‭“Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.”

‭‭Zakharia‬ ‭9:9‬ ‭

Ayat dari Zakharia dituliskan ratusan tahun sebelum peristiwa dala Kitab Suci Injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes.

Yesus menjalankan hidup yg suci dan tidak pernah berdosa. Oleh karena itulah, dia menjadi kurban bagi dosa umat manusia dengan kematian dan kebangkitan-Nya.

Karena semua yg ada di bumi diciptakan oleh Yesus, manusia hanya pengelola dan penatalayan, bukan pemiliknya.

3 tanggapan untuk “Apakah Yesus Pernah Mencuri?”

  1. Yesus merendahkan diri sebagai manusia sepenuhnya. Jadi keledai itu bukan milik Yesus.
    Coba cari tradisi Yahudi soal keledai, supaya ada pembelaan, kenapa keledai bisa diambil tanpa protes dari pemiliknya.

    Suka

    1. Yesus bukanlah pemilik keledai karena berjanji mengembalikannya. Kandungan ayat didalamnya berkontradiksi sendiri didalamnya. Inilah kecacatan ayat yg dipaksakan karena dibuat oleh manusia. Klo disediakan knp tidak dibawakan oleh malaikat seperti peristiwa penyembelihan anak Abraham? Saya rasa lebih mulia anaknya Abraham yg diganti dengan domba ketimbang domba bakaran yg diganti sama pembunuhan tuhannya sendiri supaya dianggap bisa mengasihi tuhan? Aneh.

      Suka

  2. Kalau ada sesuatu diciptakan, itu punya siapa ? Punya Sang Pencipta kan?

    Dalam hal yg sama, Yesus menciptakan segala sesuatu termasuk keledai. Memang ada “pemilik sementara”, tapi pemilik itu bukan Sang Pencipta. Semua ciptaan yg ada di dunia punya Sang Pencipta. Salam, terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.