Imanuel adalah Allah Kita

“Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.” ‭‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

“Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu. Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa. Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya, dan mereka akan melihat wajah-Nya, dan nama-Nya akan tertulis di dahi mereka. Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.”

‭‭Wahyu‬ ‭22:1-5‬ ‭‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬

Kita sudah tahu akhir cerita dunia ini.

Kita sudah diberikan pencerahan tentang tujuan itu bumi, langit dan setiap orang manusia

Ini tanda kasih begitu besar. Tidak ada agama yg lain menjamin keselamatan apa lagi kehadiran atau penyertaan Tuhan. Surga menurut agama yg lain membuat kita senang. Surga dari kepahaman Alkitab membuat kesenangan kita hanya di dalam kesenangan Tuhan Allah dan itu kita bersama-sama selama-lamanya.

Kita mendapatkan Tuhan. Dia adalah hadiahnya. Tuhan tidak menginginkan surga tanpa kita sehingga surga turun dalam bentuk bayi. dosa kita itu hebat, tetapi kasih Tuhan lebih besar. Tidak ada yang bisa memisahkan kita dari Tuhan sekarang karena Imanuel telah datang

Siapa Tuhan Kita? Tujuan apa karena Allah Menyertai? Hanya main-matau ada tujuan lebih indah?

Malam ini kita membahas Penyertaan Tuhan ada di tengah kita sebagai Imanuel biar kita memberitakan dan melaksanakan Amanat Agung agar Allah Bapa dipermuliakan.

Karena ada Imanuel kita sanggup untuk melaksanakan GM3 – Gereja Memberitakan, Menumbuhkembangkan dan Mengutus

I. Tugas yang pertama, Memberitakan

Dari teks Matius pasal 1 kita melihat Yesus ada tujuannya di bumi – untuk menyelamatkan

A. Matius 1:21 – Dosa merupakan musuh terbesar umat manusia karena merusak jiwa dan kehidupan kita. Melalui kebangkitan dan kematian Yesus, Dia yg mendamaikan dan kuasa Roh Kudus yg menguduskan, mereka yg berbalik kepada Yesus akan dibebaskan dari kesalahan dan perbudakan kepada dosa.

B. Mulai dengan kelahiran-nya ada pemberitan – Malaikat ke Yusuf dan Mariam, lalu ke gembala.

C. Ketika kita Memberitakan Injil, disiplin rohani ini terdekat Hati Allah – INI CIRI ALLAH KITA, bukan pendiam tetap pemberita

D. Tidak mungkin ada perkembangan atau gereja yg diberkati Tuhan kalau tidak memberitakan Pesan kabar baik itu.

E. Pakai GM3 saja untuk mengevaluasi gereja selama tahun ini…

a. Sudah berapa banyak jiwa dapat dengar kabar baik?

b. Sudah berapa banyak jiwa dibaptis dan dimuridkan?

c. Sudah berapa banyak jemaat ikut pelatihan untuk penginjilan dan pemuridan?

IMANUEL ADALAH ALLAH KITA. Seluruh Alkitab tentang TUHAN ALLAH KITA Menyertai dan beserta kita.

F. Memberitakan juga Mulai dengan Keluarga

G. Penyertaan mulai dalam Kejadian. Allah bersama Adam dan Hawa sebelum berdosa. Ada keluarga sebelum gereja. Tugas memberitakan, kita diperintahkan untuk memberitakan kebenaran ke keluarga kita.

Aplikasi: Bagaimana dengan saudara di sini?  Apakah Saudara semua sedang mendoakan keluarga yg jauh dari Tuhan atau belum percaya kepada Tuhan? Pasti Allah ingin mereka diselamatkan.

Mulai malam ini, doakan mereka dan bersiap untuk kesempatan untuk MEMBERITAKAN tentang KASIH ALLAH kepada mereka. Ceritakan mengapa ada NATAL. Sampaikan bagaimana Yesus sedang bekerja dalam hidup saudara.

Tugas yg pertama, Memberitakan

II. Imanuel, Allah berserta kita berarti kita dituntun ROH ALLAH dalam segala hal.

A. Kalau kita lanjut dalam Alkitab, dalam Keluaran 13:21, Allah menyertai umat Israil ketika mereka dituntun oleh tiang awan pada siang hari dan oleh tiang api kalau malam hari selama mereka ada di padang gurun.

B. Yesaya 7:14. Nubuatan ini seperti gunung, jauh dan melihat puncak puncak. Lalu kita menuju semakin dekat gunung wilis dan kita melihat puncak2 yg lain dan jarak jauhnya… nubuatannya seperti ini diggenappi segera dan nanti

KUNCI – ayatnya harus digenapi untuk membuktikan siapa ini dan tujuannya Yesus di bumi.

Mengapa perawan? Kutuk dosa dari ADAM dari AYAH, bapak kita. Kalau ada yg tidak punya bapak duniawi, pasti tidak dibawa kutuk dosa. Itu sebabnya Roh Kudus mengandung Maryam dan Yesus tidak punya bapak duniawi, hanya bapak angkat yaitu Yusuf.

C. Dalam DANIEL – Sadrakh , Mesakh & Abednego ditaruh dalam perapian oleh Raja Nebukadnezar …. Mereka BERANI kepada pemerintah tidak takut

Membaca ayat Daniel 3:16-18. Siapa kita menyembah???

ALLAH YG BESERTA KITA…hanya Dia yg layak disembahkan. Mereka ber3 dituntun dan dikuatkan karena penyertaan Allah.

Aplikasi: Alasan banyak dan lingkungan berlawan seperti ada kesan negatif

Lingkungkan atau pamog mungkin bilang tidak boleh membangun gereja

Kita sendiri merasa tidak boleh menginjili

Mungkin merasa dimasukkan perapian tapi apa yg terjadi dengan Sadrakh, Mesakh dan abednego?? ADA 4 ORANG DI API

yang ke 2, Menumbuhkembangkan. Tidak mungkin kita bertumbuh kalau kita tinggal saja di zona nyaman. Sadrakh, Mesakh dan Abednego rela mati untuk Tuhan mereka. Bagaimana dengan kita?

D. Kalau kita sudah sungguh2 percaya, bertumbuhan akan terjadi dan tidak mungkin kita hanya simpan Injil di dalam hati kita. Pasti kita ada kemauan untuk memuridkan yang lain dan menjangkau yang lain.

E. Karena Imanuel – ALLAH BESERTA KITA – kita ada mitra yang memperhatikan dalam pelayanan semua. Kita tidak usaha takut sama manusia atau pemerintah karena hanya 1 yang berkuasa.

Tugas yang pertama, memberitakan. Karena itu kita dituntun dan dikuatkan oleh Roh Allah.

III. Teladan MENGUTUS dari Imanuel

A. Lanjut ke Yohanes 1: FIRMAN TUHAN MENJADI HIDUP. Yesus diutus ke dunia ini

B. Kalau Yesus tidak diutus ke dunia dan tidak menjadi manusia, berarti Tuhan kita tidak mengindifikasikan diri dengan kita. Yesus mengalami segala kelemahan manusia walaupun dia yang maha kuasa.

Kalau Allah tidak bersama kita, berarti apa?

Kita tidak dekat sama Allah. Kita kurang mengenal ciri-ciri-Nya termasuk kasih-Nya.

C. Seperti dalam ayat yang dibaca tadi, di Wahyu…semua ORANG, UMAT MANUSIA BERSAMA ALLAH SELAMA_LAMANYA…

Allah yg memberikan Pemulihkan

Aplikasi: Karena Allah berpikir tentang seluruh dunia dan mengutus Anak-Nya kita juga harus ikut teladan dan berpikir keluar bukan ke dalam saja. Ini memang perintah dari Allah dan kewajiban kita, untuk pergilah bukan ajak orang datanglah.

Ya Tuhan, Ampunilah kita untuk memfokuskan ke dalam saja dan tidak membuat tindak lanjut untuk orang di luar gereja.

Gol-gol sangat bagus, sangat penting, tapi tanpa tindak lanjut, action itu rhetorik saja.

ALLAH BERSERTA KITA, MENGAPA TAKUT, ALLAH YG MAHA KUASA BESERTA KITA dalam penginjilan , pemuridan dan pengutusan

IV. TIDAK ADA YANG MUSTAHIL BAGI Tuhan KARENA DIA SUDAH MENJADI MANUSIA.

A. Jiwa manusia gampang bagi Tuhan. Hati yang keras tidak masalah. Kehendak Allah tetap jalan. Kita percaya saja Firman-Nya yang disampaikan dalam hidup orang bukan sia-sia tetapi akan mencapai tujuannya (Yesaya)

B. Bayangkan kalau di rapat perancang gereja dan musyawarah BPD tahun depan dan berikutnya masalah kita adalah sudah banyak jiwa yang mau percaya dan kita bingung Bgmna kita bisa memuridkan mereka. Itu masalah rasul pas hari pantakosta.

a. Ada banyak orang awam jemaat yang mau melayani Tuhan sepenuh waktu dan kita bingung mengutus mereka ke mana?

b. Ada lebih banyak jemaat rumah atau kelompok pemuridan dan kita perlu lebih banyak tenaga.

Bisa jadi kan? Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

V. Imanuel sudah membuktikan ini dan kuasa-Nya

A. Ketika Allah masuk ke dunia yang diciptakan dan menjadi bayi ini bukti Kuasa-Nya juga. Kitab Matius mulai dengan Kuasa dan Mengakhiri dengan kuasa.

B. Dalam AA kita dijanjikan 2 Hal – KUASA dan penyertaan Yesus – Segala kuasa dari surga dan di bumi telah diberikan kepada saya, oleh karena itu… aku menyertai kamu sampai pada akhir zaman

a. Yesus berkata memberitakan sambil melakukan aktivitas sehari2, itu tahap “PERGILAH’

b. Kalau mau BERPENGALAMAN dengan ALLAH BAPA, memberitakan.

Aplikasi: Kalau kita berpikir tentang GM3, pergilah sama dengan memberitakan. Rasul dan murid yang pertama memberitakan Injil sambil melakukan aktivitas sehari-hari. Saya senang naik gojek. Pas di jalan saya bisa bagi sedikit. Kalau go-car penginjilan lebih lancar.

C. Yesus datang untuk menyelamatkan umatnya. Dialah imanuel. Kita semua mendengar tentang kebenaran ini dari orang yang lain. Kita wajib untuk mencari orang yang lain , Baptislah mereka dan Ajarlah sesuai

VI. Bagaimana kita bisa berpengalaman bersama Imanuel sekarang dan selama-lamanya

A. DENGAN SENGAJA memberitakan

Alasan yang mana diterima Tuhan untuk kurang semangat bagi Amanat Agung?

B. Imanuel tidak datang ke dunia ini untuk kita tinggal di zona nyaman saja. Dia datang untuk menyertai dan melibatkan kita dalam pekerjaan-Nya

C. Waktunya sudah tiba, waktunya SEKARANG.

Tuaian memang banyak, pekerja yang sedikit. (Lukas 10:2)

Lihatlah sekelilingmu dan pandang ladang-ladang yg sudah menguning dan matang untuk dituai (Yohanes 4:35)

D. Bagaimana bisa mengubah perspektif, tindakan sehari-hari??

E. Imanuel layak disembahkan oleh setiap orang di kita ini dan sekitarnya. Banyak desa yg belum ada persekutuan apa lagi gereja.

F. Dengan sengaja dan KUASA YESUS kita bisa keluar , pergilah ke mereka bukan minta mereka datanglah , dan mencari orang yang tersesat.

G. Jangan pulang dari sini biasa saja namun biar Firman Tuhan mengubah hati kami semua.

Datanglah Kerajaan Tuhan jadi kehendak-Mu di bumi seperti di sorga … kita menyambut Engkau Imanuel.

NOTES

http://alkitab.sabda.org/bible.php?book=Mat&chapter=1

“Jesus from Genesis to Revelation” by Don Moen

“He Is” by Aaron Joeffrey

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.