Untuk Seluruh Dunia atau Bani Israel aja?

Isa Almasih datang ke dunia untuk umat yg mana?
Banyak orang menjadi bingung dengan ayat ini ketika Isa Almasih ngobrol dengan wanita yg tidak Yahudi:
Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)
Dengan ayat ini, kita harus membaca semua perikopnya. Ketika Kitab-Kitab Suci dibaca, konteks paling penting. Tanpa konteks, siapa pun bisa menafsirkan ayat-ayat dengan artinya apa pun.
Kita semua memakai konteks dalam hidup sehari-hari. Sebagai contoh, siapa pernah membeli sebuah sepeda motor dengan banyak pisang? Atau siapa pergi ke kantor bank untuk berbelanja bunga dan pohon? Tidak ada kok.
Dengan jual-beli dan keadaan dalam semua hidup ada konteks
Coba lihatlah Cerita yg tadi dengan perempuan dan Isa:

‭“Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: “Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita.”
Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: “Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak.” Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: “Tuhan, tolonglah aku.” Tetapi Yesus menjawab: “Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing.”

Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.” Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: “Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki.” Dan seketika itu juga anaknya sembuh.”‭‭Matius‬ ‭15:21-28‬ ‭

Ketika perempuan Kanaan memanggil Isa, dia pakai judul yg mana? Tuhan. Isa tidak menolak panggilan ini.

Mengapa perempuan itu tidak diterima awalnya? Karena perempuan nya bukan seorang Yahudi. Isa memang Mesias Yahudi dan Penyelamat Yahudi namun bukan untuk UMAT Yahudi saja.

Bangsa Israel dipilih dari awalnya (Ibrahim, Ishak, Yakub, dll) untuk mengabarkan kepada seluruh dunia tentang Allah yg benar yaitu Yahweh. Kitab-kitab Suci dipercayai oleh Tuhan kepada bangsa Israel. Rencana keselamatan mulai dari bangsa Israel tetapi selasai dengan setiap suku bangsa.
Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” (Matius 28:18-20)

Ada banyak ayat yg lain juga yg menjelaskan Isa adalah Mesias Yahudi yg menyelamatkan semua suku bangsa

“Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.” (Yohanes 3:16)

“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka.” (Yohanes 17:20)

Isa bersabda “Tetapi kamu (murid-muridnya) akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (Kisah Para Rasul 1:8)

Kalau pembaca Alkitab sungguh-sungguh mau membahas, seharusnya menafsirkan dengan ayat yg lain dari Alkitab bukan perspektif manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.